Desa Jawa Laut

Kec. Martapura, Kab. Banjar
Prov. Kalimantan Selatan

Loading

Desa Jawa Laut

Perayaan

Hari Batik

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat datang di website Desa Jawa Laut, media informasi dan edukasi masyarakat Desa Jawa Laut. Download aplikasi Layanan Mandiri, Hubungi Operator "081251344597 - 081252524387"Atau wa :082148155496 untuk mendapatkan PIN

Berita Desa

Fakta pertama, UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca!

Riset berbeda bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Padahal, dari segi penilaian infrastuktur untuk mendukung membaca, peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa.

Fakta kedua, 60 juta penduduk Indonesia memiliki gadget, atau urutan kelima dunia terbanyak kepemilikan gadget. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Ironisnya, meski minat baca buku rendah tapi data wearesocial per Januari 2017 mengungkap orang Indonesia bisa menatap layar gadget kurang lebih 9 jam sehari. Tidak heran dalam hal kecerewetan di media sosial orang Indonesia berada di urutan ke 5 dunia.

Coba saja bayangkan, ilmu minimalis, malas baca buku, tapi sangat suka menatap layar gadget berjam-jam, ditambah paling cerewet di media sosial pula. Jangan heran jika  jadi sasaran empuk untuk info provokasi, hoax, dan fitnah. Kecepatan jari untuk langsung like dan share bahkan melebihi kecepatan otaknya. Padahal informasinya belum tentu benar, provokasi dan memecah belah.

Dipikir-pikir kita seringkali dinasehati untuk rajin membaca. Dari kecil, kita diajarkan untuk rajin membaca terutama membaca buku. Memasuki bangku sekolah, kita kian sering menerima anjuran ini. Bahkan hingga seperti sekarang.

Semakin aku banyak membaca, semakin banyak berpikir; semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apapun – Voltaire.

Banyak tokoh menekankan pentingnya membaca. Kita pasti pernah setidaknya sekali dalam seumur hidup membaca kalimat bijak mereka tentang membaca. Mulai dari golongan filsuf, pejabat negara, pebisnis, penulis, dosen dan lainnya. Membaca memang aktivitas yang bermanfaat. Sangat mudah mencari informasi tentang manfaat membaca. Di era sekarang yang serba canggih, kita bisa mengetikkan kata kunci `manfaat membaca` di mesin pencarian internet. Dalam hitungan detik muncul berbagai artikel yang mengulas tentang manfaat membaca.

Sayangnya, meski kita dan banyak orang tahu manfaat membaca tapi menumbuhkan dan membiasakan untuk membaca adalah perkara yang cukup susah. Banyak faktor membaca yang mempengaruhi tinggi-rendahnya minat baca. Terdapat faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi persepsi, motivasi, dan atensi individu. Tidak semua orang memiliki ketertarikan terhadap aktivitas membaca. Sementara itu, faktor eksternal terdiri akses terhadap sumber bacaan, sarana dan prasarana, fasilitas yang mendukung, perkembangan teknologi, hingga kebijakan pemerintah yang mendukung tumbuhnya minat baca masyarakat. Faktor eksternal lebih mengarah pada lingkungan di sekitar individu atau kondisi di luar individu. Kebiasaan membaca yang rendah berkorelasi dengan ketersediaan akses. Rendahnya minat baca dipengaruhi pula oleh kurangnya akses dan kebiasaan masyarakat terhadap sumber bacaan.

Menumbuhkan minat baca perlu upaya yang serius. Bila tidak, masyarakat akan semakin jauh dengan kebiasaan membaca. Apa yang terjadi bila tingkat minat baca masyarakat rendah? Bisa dilihat semakin hari semakin banyak menemukan hoaks. Selain itu banyaknya ujaran kebencian di media sosial adalah wujud dari dampak rendahnya minat baca.

Melansir kompas.com, dampak rendahnya minat baca terhadap generasi muda:

  1. Generasi akan menjadi generasi pemalas
  2. Kurangnya pengetahuan yang dimiliki. Akhirnya generasi mudah tidak mampu bersaing dengan bangsa lain
  3. Kesulitan mendapatkan pekerjaan karena kurang berpengetahuan
  4. Wawasannya sempit
  5. Kesulitan mengembangkan potensi diri
  6. Melahirkan generasi yang egois dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Apa jadinya dengan pendidikan Indonesia apabila masyarakat tidak punya minat terhadap membaca lagi? Untuk itu penting sekali untuk menumbuhkan minat baca. Cara menumbuh minat baca yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut.

Cara ini dilakukan pada level individu. Artinya, cara ini berkaitan dengan faktor internal. Sedangkan cara untuk meningkatkan faktor eksternal agar lebih mendukung minat baca masyarakat tidak dibahas dalam konteks ini. Sehingga cara ini terbatas untuk individu agar ketertarikannya membaca buku bisa tumbuh.

Mengutip bbc.com, ada 4 cara yang bisa digunakan untuk menumbuhkan minat baca:

1.Membacalah karena Memang Ingin

Cara pertama adalah tanamkan pada diri sendiri bahwa kamu memang ingin membaca. It`s to read because you want to. Temukan alasan paling tepat untuk membaca buku. Bahwa memang kamu harus membaca karena kamu membutuhkannya. Cara ini terinspirasi dari pengalaman Cristina Chipurici. Saat berusia 4 tahun, ia sangat bersemangat untuk membaca. Bahkan ia melahap banyak buku. Namun ada satu kejadian yang membuatnya enggan membaca buku lagi. Ketika memasuki sekolah, ia diwajibkan untuk membaca buku. Kewajiban ini justru membuatnya muak dan tertekan. Sampai usai 20-an, minat bacanya masih sangat rendah. Namun titik bali itu terjadi saat ia menyadari bahwa ada perbedaan yang sangat mencolok antara membaca dan tidak membaca. Ia sadar bahwa orang-orang yang rajin membaca mengetahui banyak hal. Bisa jadi tidak diketahui. Hal inilah yang mendorongnya untuk mulai membaca lagi. Ia berpikir bahwa ia butuh membaca. Ia ingin membaca karena ia ingin mengetahui informasi dan pengetahuan.

2.Temukan Cara Membaca yang Paling Sesuai dengan Dirimu

Setiap orang punya gaya membacanya sendiri. Ada yang senang membaca di tempat sunyi, ada juga yang di tempat ramai. Ada yang senang membaca dengan suara, ada juga yang lebih nyaman membaca dengan diam. Ada banyak cara untuk membaca. Temukan cara yang paling nyaman dan sesuai dengan dirimu. Seiring berkembangnya zaman, muncul audio buku. Tak sedikit yang akhirnya beralih ke buku audio ketika bosan membaca buku konvensional. Jadi, kamu biasanya paling senang dan nyaman membaca buku di mana dan di suasana seperti apa?

3.Jangan Menetapkan Target yang Menekan

Apa asyiknya membaca dengan target-target yang menekan? Membaca menjadi aktivitas yang sangat menakutkan dan melelahkan. Tidak apa-apa menentukan target misal membaca sehari satu halaman. Namun kamu juga perlu mengetahui batas kemampuan diri. Ingin meniru kebiasaan membaca tokoh-tokoh tertentu? Jika cara itu berdampak positif maka lakukan. Akan tetapi jika sebaliknya maka tidak perlu menyusahkan diri dengan meniru kebiasaan membaca orang lain. Apalagi sampai melewati batas kemampuanmu sendiri. Poinnya adalah tentukan target membaca yang wajar dan nyaman.

4.Coba Aturan 50

Aturan 50, itulah nama aturannya. Jadi bila kamu sangat kesusahan menumbuhkan minat baca dan membiasakan diri untuk membaca, coba sesekali praktikan Aturan 50 ini. Aturan sederhana dan mudah, ketika kamu membaca buku dan pada halaman ke 50 kamu bisa memutuskan apakah bacaan tersebut cukup menyenangkan atau tidak? Apakah bacaan tersebut sesuai dengan seleramu? Apakah buku tersebut memberikan informasi dan pengetahuan yan berharga? Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengatur waktu dalam membaca. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu membaca bacaan yang sebenarnya tidak menyenangkan atau tidak kamu butuhkan. Kamu bisa beralih ke bacaan lain yang sesuai.(ave)

Beri Komentar

Desa

2.026

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI2.026penduduk

2.025

PEREMPUAN

PEREMPUAN2.025penduduk

4.051

TOTAL

TOTAL4.051penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Pambakal

IBNU HANAFI

Tidak Ada di Kantor

Sekretaris Desa

SITI KHADIJAH, S. Pd

Tidak Ada di Kantor

Kaur Umum dan Perencanaan

AHMAD SYAIROZI

Tidak Ada di Kantor

Kaur Keuangan

SITI MAULIDAH

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan

RAHMAN, SE

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pemerintahan

MUTIA HAFINA PUTRI, SH

Tidak Ada di Kantor

Kepala Lingkungan 1

ABDUSSALAM

Tidak Ada di Kantor

Kepala Lingkungan 2

ANISAH

Tidak Ada di Kantor

Staf Pelayanan

NAZAR AMRULLAH

Tidak Ada di Kantor

Staf Keuangan

NOOR ELMIA

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

6

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

2

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

2

Surat

Minggu Ini

2

Surat

Bulan Ini

23

Surat

Bulan Lalu

39

Surat

Tahun Ini

369

Surat

Tahun Lalu

638

Surat

Total

1,311

Surat

Agenda

Terdahulu

Undangan Sosialisasi Perda dan Perkada

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan martapura
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Kecamatan
Koordinator : kec. Mtp

Terdahulu

Rakor & pertemuan KPM

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan martapura
Koordinator : Kecamatan

Terdahulu

Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Kecamatan
Koordinator : kec. Mtp

Terdahulu

Rapat

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Rumah Pambakal
Koordinator : TP PKK Desa Jawa Laut

Terdahulu

Musdes evaluasi

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Rumah Pambakal
Koordinator : BPD

Terdahulu

Rembug Stunting

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : aula paud
Koordinator : pemerintah desa

Terdahulu

Undangan Sosialisasi

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : aston hotel
Koordinator : PUPR

Terdahulu

Sosialisasi pencapaian 80% odf

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : aula baiman
Koordinator : bapedalitbang

Terdahulu

Pawai MTQ

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan mataraman
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL & POSYANDU BALITA SERTA PROG. KONVERGENSI PENANGANAN STUNTING TAHAP I

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Gedung PAUD Subur
Koordinator : Ketua TP PKK, KPM, Bidan

Terdahulu

Monev apbdes sem 1

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan mataraman
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

Penegasan batas desa

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Aula kecamatan
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

Bimtek profil desa online

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : dpmd
Koordinator : Dpmd

Terdahulu

Sertifikasi Tanah Desa Jawa Laut

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : BPN Kab Banjar
Koordinator : Pemdes

Terdahulu

Undangan koordinasi desa proklim

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat :
Koordinator :

Terdahulu

Musdes

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Aula paud
Koordinator : Bpd

Terdahulu

Proklim

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Jawa laut
Koordinator : desa

Terdahulu

Bimtek

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : bali
Koordinator : bkad

Terdahulu

Penjurian inovasi daerah

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : bappeda litbang
Koordinator : bappedalitbang
Statistik Pengunjung
Hari ini : 115
Kemarin : 419
Total Pengunjung : 93.896
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.217.80.65
Browser : Mozilla 5.0
rekapitulasi
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 15:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Terdahulu

Undangan Sosialisasi Perda dan Perkada

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan martapura
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Kecamatan
Koordinator : kec. Mtp

Terdahulu

Rakor & pertemuan KPM

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan martapura
Koordinator : Kecamatan

Terdahulu

Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Kecamatan
Koordinator : kec. Mtp

Terdahulu

Rapat

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Rumah Pambakal
Koordinator : TP PKK Desa Jawa Laut

Terdahulu

Musdes evaluasi

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Rumah Pambakal
Koordinator : BPD

Terdahulu

Rembug Stunting

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : aula paud
Koordinator : pemerintah desa

Terdahulu

Undangan Sosialisasi

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : aston hotel
Koordinator : PUPR

Terdahulu

Sosialisasi pencapaian 80% odf

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : aula baiman
Koordinator : bapedalitbang

Terdahulu

Pawai MTQ

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan mataraman
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL & POSYANDU BALITA SERTA PROG. KONVERGENSI PENANGANAN STUNTING TAHAP I

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Gedung PAUD Subur
Koordinator : Ketua TP PKK, KPM, Bidan

Terdahulu

Monev apbdes sem 1

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : kecamatan mataraman
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

Penegasan batas desa

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Aula kecamatan
Koordinator : kecamatan martapura

Terdahulu

Bimtek profil desa online

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : dpmd
Koordinator : Dpmd

Terdahulu

Sertifikasi Tanah Desa Jawa Laut

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : BPN Kab Banjar
Koordinator : Pemdes

Terdahulu

Undangan koordinasi desa proklim

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat :
Koordinator :

Terdahulu

Musdes

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Aula paud
Koordinator : Bpd

Terdahulu

Proklim

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : Jawa laut
Koordinator : desa

Terdahulu

Bimtek

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : bali
Koordinator : bkad

Terdahulu

Penjurian inovasi daerah

Tgl : 01 Juni 2023 12:13:37
Tempat : bappeda litbang
Koordinator : bappedalitbang
Statistik Pengunjung
Hari ini : 115
Kemarin : 419
Total Pengunjung : 93.896
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.217.80.65
Browser : Mozilla 5.0
rekapitulasi
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 15:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Pemerintah Desa

IBNU HANAFI

Pambakal


Tidak Ada di Kantor

SITI KHADIJAH, S. Pd

Sekretaris Desa
Tidak Ada di Kantor

AHMAD SYAIROZI

Kaur Umum dan Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

SITI MAULIDAH

Kaur Keuangan
Tidak Ada di Kantor

RAHMAN, SE

Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan
Tidak Ada di Kantor

MUTIA HAFINA PUTRI, SH

Kasi Pemerintahan
Tidak Ada di Kantor

ABDUSSALAM

Kepala Lingkungan 1
Tidak Ada di Kantor

ANISAH

Kepala Lingkungan 2
Tidak Ada di Kantor

NAZAR AMRULLAH

Staf Pelayanan
Tidak Ada di Kantor

NOOR ELMIA

Staf Keuangan
Tidak Ada di Kantor